Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi

Seleksi Mandiri atau kita kenal juga dengan istilah Ujian Mandiri adalah salah satu istilah yang digunakan oleh masyarakat secara umum untuk menyebut sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri di Indonesia. Seleksi Mandiri PTN ini digelar dengan jadwal pasca kegiatan seleksi Snmptn dan Sbmptn.

Pada mulanya sejumlah perguruan tinggi negeri tetap bersikukuh menyelenggarakan seleksi mandiri sebelum pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sikap ini tentu saja bertolak belakang dengan kebijakan yang digariskan pemerintah.

Pemerintah telah mengeluarkan ketentuan agar PTN mulai tahun 2011 menyelenggarakan seleksi masuk secara mandiri setelah pelaksanaan SNMPTN. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah, ditegaskan keharusan bagi PTN menerima mahasiswa baru lewat seleksi nasional (SNMPTN ujian tulis dan undangan) minimal 60 persen dan jalur mandiri sekitar 40 persen.

Bahkan di Pasal 6 diatur bahwa penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dilaksanakan setelah penerimaan mahasiswa baru secara nasional. Namun, kenyataannya, sejumlah PTN telah membuka pendaftaran seleksi mandiri. Memang ada PTN yang membuka pendaftaran dan menggelar ujian tulis sebelum SNMPTN. Ada juga PTN yang membuka pendaftaran terlebih dahulu, tetapi pelaksanaan ujian tulisnya setelah SNMPTN.

Seleksi mandiri sebelum SNMPTN ketika itu, antara lain, dilakukan Institut Teknologi Bandung. Pendaftaran seleksi mandiri lewat jalur Penelusuran Minat, Bakat, Potensi ITB (PMBP-ITB) dan Kemitraan Nusantara ITB dibuka secara online.

Begitu juga dengan UGM, seperti disampaikan Direktur Administrasi Akademik Universitas Gadjah Mada yang juga Ketua Ujian Masuk UGM Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, tahun 2011 UGM tetap melaksanakan ujian mandiri sebelum SNMPTN. Ujian masuk UGM dari jalur mandiri, yang diberi nama Ujian Tulis Jalur Penelusuran Bakat Swadana, akan dilaksanakan sesuai jadwal, yaitu 27 Maret 2011.

Seleksi mandiri merupakan sistem penerimaan mahasiswa baru selain SNMPTN dan SBMPTN, dimana PTN yang menyelenggarakan seleksi mandiri dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Kuota daya tampung setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Adapun kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40% (empat puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan. Sementara, kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30% (tiga puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Semoga bermanfaat untuk kepentingan kita bersama, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- ujiantulis.com
- pendidikandokter.com
- kedokteran.net
- seleksimandiri.com
- banpt.blogspot.com

Post a Comment

0 Comments